Kamis, 10 Maret 2011

IKAN BANDENG TANPA TULANG




Jika Anda melakukan perjalanan di daerah Sulawesi Selatan dan memulai perjalanan dari Makassar menuju ke Utara, maka Anda akan melihat tambak (empang) yang berjejeran di pinggiran jalan mulai dari daerah/ Kabupaten Maros, Pangkep, sampai Ke Kab. Barru. Tidak hanya sampai di situ saja karena di kabupaten Pinrang sampai perbatasan Polewali Mandar (Prov. Sulawesi Barat) juga memiliki banyak tambak. Juga di daerah pantai barat di Kabupaten Sinjai, Bone, Wajo, dan Luwu. Tambak atau empang-empang tersebut pada umumnya ditamanami dengan ikan Bandeng (lokal: Bolu) dan Udang. Hasil tambak udang kemudian banyak di eksport ke luar negeri sementara bandeng kebanyakan menjadi konsumsi dalam negeri. Bahkan untuk memenuhi pasaran/konsumsi bandeng di Sulawesi Selatan didatangkan bandeng dari Kalimantan Timur. Apa Gizinya Bandeng?

Bandeng, dalam bahasa Latin disebut Chanos chanos atau milk fish (bahasa Inggris). Konon ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae (kurang lebih tujuh spesies punah dalam lima genus tambahan dilaporkan pernah ada).

Kandungan Gizi
Komposisi gizi per 100 gram daging bandeng adalah energi 129 kkal, protein 20 g, lemak 4,8 g, kalsium 20 mg, fosfor 150 mg, besi 2 mg, vitamin A 150 SI, dan vitamin B1 0,05 mg. Protein bandeng cukup tinggi. Kondisi ini menjadikan bandeng sangat mudah dicerna dan baik dikonsumsi oleh semua usia untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh, menjaga dan memelihara kesehatan serta mencegah penyakit akibat kekurangan zat gizi mikro.

Bandeng juga mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini bermanfaat mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping darah sehingga mengurangi risiko terkena arteriosklerosis dan mencegah jantung koroner. Asam lemak ini juga bersifat hipokolesterolemik yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta berperan dalam pertumbuhan otak pada janin serta pendewasaan sistem saraf.


Ikan-ikanan termasuk bandeng ini rendah kolesterol. Lemak jenuh merupakan salah satu pemicu tersumbatnya pembuluh darah penyebab penyakit jantung koroner. Dengan rajin mengkonsumsi ikan merupakan salah satu cara diet tepat sebagai penangkal penyakit jantung koroner. Seperti bangsa Eskimo yang makan ikan 300-400 g/hari ditemukan masyarakatnya rendah kasus penyakit jantung. (Bandeng Raos Echo).

Ikan Bandeng Tanpa Tulang?

Nah..... ini salah salah satu cara bagaimana makan ikan bandeng tanta resiko ketelan tulangnya.... soalnya ikan bandeng itu adalah jenis ikan bertulang keras dan banyak sehingga jika makan ikan bandeng kita harus berhati-hati. Apalagi jika ikan bandeng itu masih terbilang kecil.


Belakangan ini ditemukan satu metode untuk mencabut tulang-tulang ikan bandeng tersebut, satu persatu... sehingga kita tidak lagi perlu khawatir. Meskipun metode ini masin sangat manual dan menggunakan alat yang sederhana namun dengan dengan ketelitian yang tinggi para pencabut tulang ikan bandengan yang sudah mulai marak di daerah-daerah di Sulawesi Selatan mampu mencabuti 164 buah tulang bandeng, belum termasuk tulang belakangnya yang keras itu.

Jadi makan ikan bandeng cari yang sudah tidak ada tulangnya.... tidak merepotkan lagi....


Apa Enaknya Bandeng ?

Wah enak lah... Dalam masyarakat Bugis-Makassar dikenal dengan berbagai cara mengolah ikan menjadi makan yang lezat. kalau anda berkeling di Makassar, Anda pasti akan menemukan sejumlah penjual Ikan Bakar. Penjual ikan bakar di Makassar ada dua macamnya. pertama perjual Ikan Bakar dan Sop Saudara atau biasa juga dikenal dengan istilah Warung Pangkep. Adalagi jenis warung ikan bakar yang menyajikan aneka ikan laut...biasanya adajuga ikan bandengnya. Warung Pangkep biasanya lebih kental pada nuansa kuliner tradisionalnya sementara ikan bakar aneka ikan laut biasanya sudah terasa ada modifikasi. tetapi cita rasa masakan khas Makassarnya masih cukut kuat teras.



Selain ikan bandeng enak dibakar lalu disantap dengan berbagai jenis sambel dan sayuran, ikan ini juga enak dimasak. masakan ikan bandeng yang enak adalah Pallu Mara. Masakan ini cukup sederhana tetapi terasa segar, lantaran ikan hanya dimasak dengan kunyit bubuk, asam mangga, garam, penyedap rasa, dan goreng bawang.

Di Makassar ikan bandeng juga di masak dengan keluak (bahan ini juga sebagai bahan dasar rawon). Sehingga rasa asam keluak akan terasa nikmat dan segar. Masakan inipun akan berwarna hitam seperti rawon, hanya saja biasa lebih kental.


Selain ikan bandeng dapat diolah dan dinikmati dalam keadaan segar ikan ini juga dapat diolah menjadi ikan setengah asin atau abon ikan bandeng. Dewasa ini di Makassar sudah dapat ditemukan berbagai jenis ikan asin dan abon ikan, tetapi ikan asin dan abon ikan Bandeng memiliki cita rasa yang khas pula.


5 komentar:

agusnain suhbanir mengatakan...

Agusnain suhbanir
10533497708
VI. D
Sangat bagus mengkunsumsi ikan sebagai lauk dalam kehidupan sehari-hari sebagai lauk, karena banyak mengandung protein dan gizi karena bisa meningkatkan daya pikir terutama anak yang masih dalam pertumbuhan apalagi ikan bandeng..............

SLAMET IS MEMET HADRAWI mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Rudini mengatakan...

Rudini
10533498308
VI. D
Saat ini masyarakat kurang sadar akan nilai gizi,protein yang terkandung dalam ikan bandeng, padahal setelah mengkonsumsi ikan bandeng sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, peran pemerintah saat ini dan dinas terkait dalam mensosialisasikan manfaat ikan ini sangat dibutuhkan agar masyarakat sadar akan manfaat setelah mengkonsumsi ikan bandeng.

junaedi mengatakan...

JUNAEDI
10533 4987 08
VI
Ikan bandeng adalah jenis ikan yang sngat mudah ditemukan, dan paling digemari dijadikan lauk utamanya orang sul-sel.
Penjelasan bapak tentang kandungan gizi yang dimiliki olah ikan ini sangat bermanfaat, semoga dengan penjelasan kandungan gizi tersebut membuat para pembaca semakin menyukai ikan yang satu ini.
Trimakasih..............

hardiani mengatakan...

Hardiani
10533 4897 08
VI.C
Sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. Keunggulan utama protein ikan dibandingkan dengan produk lainnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna.
nah ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang dapat memelihara kesehatan dan mencegah penyakit kekurangan zat gizi.

trus ikan ini cuma ada diempang.